Minggu, 11 April 2010

Sosialisasi WHDI di Tangerang Selatan


Hindu Center BSD City- Wanita Hindu Dharma Indonesia ( WHDI) Propinsi Banten, Minggu 11 April 2010 menggelar sosialisasi organisasi kepada umat Hindu di Tangerang Selatan. Bertempat di lokasi Hindu Center BSD City, kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan Ibu-ibu dari Bintaro, Pamulang, Serua, Pondok Cabe, Rempoa, dan dari wilayah Serpong sendiri.
Kedatangan pengurus WHDI Banten dipimpin langsung oleh Kartini Suwandi selaku Ketua WHDI Banten. Perempuan Solo ini dengan antusias memperkenalkan keberadaan WHDI sejak kelahirannya pada 12 Februari 1988, kepengurusan saat ini , hingga berbagai kegiatan yang telah dilakukan. Tahun 2010 ini , WHDI telah memiliki Pengurus Daerah di 26 propinsi di Indonesia, dan bekerja dengan mengedepankan spiritualitas Hindu sebagai dasar pijakan dan mewarnai setiap langkah-langkahnya.

Antusiasme Ibu-ibu Tangerang Selatan semakin meningkat lagi ketika Ida Ayu Swastika, salah seorang tokoh wanita sekaligus intelektual Hindu Indonesia memberikan gambaran yang jelas dan lugas mengenai pentingnya organisasi bagi setiap wanita Hindu. Bu Dayu, begitu ia dipanggil, mengingatkan setiap wanita Hindu bahwa seiring dengan terjadinya percepatan perubahan lingkungan global, maka tuntutan terhadap peran wanita Hindu pun semakin tinggi. Baik yang terkait dengan peran Ibu sebagai orang tua, pendamping suami, maupun perannya pada kehidupan sosial kemasyarakatan. Organisasi WHDI diharapkan bisa menjembatani kebutuhan itu sekaligus sebagai garda depan dalam melakukan advokasi terhadap wanita Hindu yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga sekaligus membela mereka yang mengalami perlakuan diskriminatif pada lingkungannya.

Kegiatan Sosialisasi WHDI ini disambut hangat oleh seluruh yang hadir, hingga bermuara pada kebulatan tekad untuk segera membentuk WHDI di tingkat Tangerang Selatan. Hal ini segera difasilitasi oleh Dwi Atmawati Suada selaku penyelenggara. Wanita jawa asal Ambarawa mengajak Ibu-Ibu lainnya untuk membentuk tim formatur pembentukan WHDI Tangerang Selatan.

Berikut adalah formatur yang berasal dari perwakilan wilayah di Tangerang Selatan :
1. Dwi Atmawati Suada (Serpong)
2. Putu Sumarti (Serpong)
3. Ni Luh Suyatini (Pondok Cabe)
4. Made Aqulina (Pamulang)
5. Ni Luh Ratna (Sarua)
6. Susmiati (Pondok Cabe)
7. Ida Ayu Mirah (Sarua)
8. A.A. Oka Suarni (Pondok Cabe)
9. Ibu Nyoman Suadiarta (rempoa)
10. Ayu Ariati (Pamulang)
11. Cok Istri (Pamulang)
12. Komang Suriani (pamulang)
13. N.N. Yudiani (Pamulang)
14. Ria Mayun (Pamulang)
15. Nyoman Parwaberi (Sarua)

Formatur tersebut, bertugas untuk menyiapkan segala sesuatunya dalam rangka pembentukan WHDI Tangerang Selatan, mulai penentuan waktu, pendanaan, hingga mekanisme pembentukan dan pemilihan pengurus. (RS)